Jumat, 20 Februari 2009

Konversi Mobil Konvensional ke Mobil Listrik

Awalnya ....


Apa bisa.... Ah gak mungkin...


Kalau bisa pasti juga susah...


Setelah digeluti... eh gak sulit..gampang..


Apanya yang gampang..


"Mengkonversi mobil biasa yang pake BBM ke mobil listrik yang cuman butuh setrum aja"





Awalnya kerjaan dikantor emang nuntut adanya riset kendaraan listrik. Soalnya pemerintah sudah mengagendakan bahwasannya harus ada alat transportasi massal yang ramah lingkungan dan hemat energi dan harus ada energi alternatif untuk mengatasi krisis energi.


Berat nih...


Jadinya harus cari pengetahuan sebanyak mungkin tentang kendaraan dan juga EV alias Electric Vehicle. Beruntung nemu resep membuatnya hehehehe... ini juga dikasih Bapak Kepala Bagian... terima kasih pak.


Intinya mobil itu harus di"gini"kan....












Inti mesin yang dipakai dicopot terus diganti motor listrik, kemudian butuh baterai bank yang gede yang biasanya ditaruh di bagasi mobil, disamping motor listrik, ato dibawah lantai mobil kalau mobilnya ground clearance nya tinggi.
Menakjubkan lagi ternyata hasil tes kendaraan setelah dikonversi gak kalah sama mobil konvensional. Tenaga bisa sampai peak 100HP, pada tegangan baterai 144V. Torsi sampai 140Lbft pada 8000 RPM. Tapi kelemahannya satu... gak bisa pakai jauh... nominal charging lagi setelah 100 km-an... tergantung jenis baterai... (dikantor masih pake LeadAcid).
Hublaaa...Hublaaa....Hublaaa... ada yang lain... buat ngatasi jarak tempuh ...
yaitu HybridVehicle....
itu dibahas lain waktu yaa...
terima kasih

Tidak ada komentar: