Kamis, 26 Februari 2009

Hybrid car

Salam jumpa.
Teknologi tidak akan ada habisnya..
Manusia dgn kemampuan berfikirnya mampu menghadapi tantangan baik dari alam maupun dari manusia itu sendiri.
Itu-lah kata2 yang tepat sebagai pendahuluan.
Berbicara mengenai mobil hibrid bahwasanya teknologi ini sudah cukup lama dikembangkan dan mulai menjadi trend baru di asia mulai tahun 2000-an.
Sedikit cerita tentang pengalaman Toyota Prius dalam mengembangkan mobil hibrid dari prototip pertama sekitar tahun 1998 dan sekarang sudah menjadi brand pasar tersendiri yang sangat terkenal didunia. Istilah mobil hibrid muncul dikarenakan karena penggunaan dua energi yang berbeda pada satu kendaraan. Inti hibrid dibagi menjadi 3 macam:
1. Hibrid seri
Umumnya jika berpenggerak elektrik maka fungsi motor bakar sebagai generator pembangkit listrik.
2. Hibrid paralel
satu kendaraan terdiri atas dua sistem penggerak misalnya penggerak motor bakar dan penggerak elektrik yang disatukan dan bekerja sesuai rancangan tertentu.
3. Hibrid split atau kombinasi
Hibrid ini adalah jenis yang paling advance dimana motor listrik bisa sebagai penggerak dan juga sebagai generator dan motor bakar sebagai penggerak maupun sebagai fungsi genset.
Tujuan mobil hibrid sebenarnya adalah untuk mengatasi kekurangan yang timbul dari dua sistem penggerak lainnya, yaitu sistem penggerak motor bakar dan sistem penggerak elektrik. Motor bakar mempunyai keterbatasan dalam emisi gas buang dan penggunaan energi dari BBM, sedangkan penggerak elektrik terbatas pada jangkauan pemakaian yang jauh lebih pendek daripada motor bakar, diperlukan waktu untuk recharging baterai yang sampai saat ini masih dirasa cukup lama ketimbang mengisi BBM di SPBU. Teknologi penengah ini menjadi sangat tepat untuk saat ini. Sehingga tidak dibutuhkan waktu lama masyarakat dapat memanfaatkan teknologi tersebut tanpa kesulitan dalam infrastruktur.
Yang terpenting kendaraan hemat BBM dan emisi gas buang rendah alias ramah lingkungan..
""tapi mahal harganyaa...hehehehhe...""
(Ono rego..ono rupo..kata orang jawa). Intinya harganya sesuai barangnya.
Ntar dulu ya gambarnya, soalnya suasan di-upload-nya
baca-baca aja di
http://electricandhybridcars.com/index.php/pages/hybridcars.html
selamat berjuang hehehe

Tidak ada komentar: